MERBABU VIA JALUR KOPENG

Jumat, 22 Maret 20130 komentar

Asalamualaikum :)

Salam Rimba,, !!

Kali ini aku mau share pengalamanku sma temen-temen MAPALA TRABAS di gunung Merbabu kemaren tanggal 25 februari sampe tanggal 27 februari. Awal rencana buat mendaki tuh dari 1 bulan sebelum tanggal yang di tetapin dimaksudkan biar calon pendaki bisa latihan fisik ringan kaya jogging.

Sebelum pemberangkatan kita sempetin buat kumpul n' siapin peralatan maupun bekal yang mau dibawa biar   gak ada yang kelupaan. nahhh waktu hari H tnggal 25 februari,, kita uda sepakat buat kumpul jam 07.30,, tapi ya namanya juga anak sekarang.. ada aja yang yang datengnya molor,,, tapi diluar itu ada kendala ternyata kendaraannya kurang,, coz anak yang berangkat dari STIE ada 15 anak ehhh motornya cuma 7 jadi ya kurang 1 mtor,,, setelah dipikir sana sini ketemu deh jalan keluarnya,, mas aji sama mas budi ambil motornya mas yos di gombong,, alhamdulilah ^^

Berangkat dari kampus jam 10.30 WIB, STIE PUTRA BANGSA :D , ngerasa bangga ajj karna yang ngelepasin kita langsung Yth. Ketua STIE PUTRA BANGSA Beliau Bapak Gunarso Wiwoho S.E., M.M. :_) :_)
“Ingat selalu kode etik mapala , utuk tdk mengambil apapun kecuali gambar, dan meninggalkan apapun kecuali jejak,,, “
Sebenernya kurang satu sii, tdk boleh membunuh apapun kecuali waktu , hhihhi.
Oke sip Bapak ;_)

Mbeemmm mbeemb ngeeengggkkk, tuncep gas , bebonceng rame rame ,, laaalaaalaaa,,, meskii panas tapi tetep lancer bermontor montoran ibu kota,,, (kota kebumen beriman maksunyah ,, xixixi )

Upppzzz, , , belom juga jauh dari markas STIE uda ada om polisi . hfffttttt.
Parahnya lagi harus add satu motor yang kena tilang, punya nyah mz yos sm reni ( sabarr ya mz , cpcppccp )

Lanjuuutttttt,,,
Yang namanya kalo udd dijalan udd disuruh pelan – pelan tetep aja add yang narik gas kekencengan, mmm maklumin aja deeh jiwa jiwa muda :D axaxaxaxa
Mencar – mencar deh, tapi gpp siii akhirnya ketemu lagi :_)

Engga nyampe jam 12.00 kita udd sampe ajah dikota bunga “Magelang”,
“PRIIITTTTTTTTTTT, iihh ada om polisi lagi, main semprit2 temen kita itu si mz budi, ya emang salah ada lampu merah main terobos ajah, hhuhhu.
Berhubung si aprias yang beruntung beboncengan sama mz budi ngelambaiin tangan ya otomatis 2 motor dibelakang berenti, aji – tika, sama hendra-rezqi .
Alhasil udd kaya setor nyawa ajah, tw  motor belom berplat malah nyamperin om polisi. Ya uda deh disabar sabarin ajah…
Yang ketilang sekarang bukan Cuma mz budi, tapi mz ajinyah jj …. (cpcpcp, sabar ya mz, makin terasa perjalanan hatinya)

Terus lanjutin perjalanan, belom jauh dari pos polisi ee baru keinget SIM nyah mz aji ketinggalan sama om polisi yang tadi, puter balik…
Dan yang lain masih setia ajah menunggu hendra-resky, mz budi-aprias,
Uda dapet lanjutin lagi perjalanan, makin deket sama basecamp, gag sabar rasanyah pengen cepet nyampe.
Sempet pd pencar pencar jj, itu pas udd sampe kopeng, akhirnya memutuskan bwd ketemu ajah di basecamp.

Tepat di jam 16.00 Waktu Indonesia Bagian Kopeng , kita sampe di basecamp cuntel . ternyata udd ada 5 anggota yang  dulu sampai disana. (ruth, rian, erni, lisa, sama dhani).
Berhubung laper sambil nunggu yang lainya kita yang ada di basecamp buka bekel duluan , hee mangap yaa :D

Selang 30 menit dari jam 4 yang lain nyusul deh,  mz yos-reni, hendra-resky, putri-pipit, mz budi-aprias, nahhh Yth. Mz Bayu datenge keri dewek ,,, hhihhi

Take a break dulu, makan-makan, bubu-bubu sore biar nanti pas manjat itu engga ngantuk :D
Nunggu Maghribnya kelar, sambil packing ini itu jam 18.30 kita mulai perjalanan hati di medan tracking Merbabu untuk puncak 3.145 mdpl :_)

Perlu kita share disini pemirsa yang budiman , bahwa cuaca pada malam itu dingin, berangin. Maka itu kita save badan kita, pake baju berlapis, dan dilapisi lagi dengan mantol, karna cuaca emang mendung juga .

Oh iya , engga lupa “berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dipersilahkan” …………. “amin” :_)

Baru ajah mw lepas dari perkampungan, muka temen kita yang satu ini engga enak ajah buad di lihat, haduu bikin yang lain degdegan, nafasnya udd terputus putus, aduuh putri sayang Cemumudt ayok Cemumudt.
Suplay energy pake gulo jowo, :_)

Bener-bener yang namanya digunung itu, kekompakan dan kebersamaan emang sangat-sangat diperluin.
Ternyata makin ke atas anginya makin kenceng ajah, kata mz yos ini yang namanya angin badai. Mmmm so kita putuskan buad nge camp ngga jauh dari pos bayangan 2.
Mulai si ibu babon kitah Tika , sama si chibi-chibi aprias buka buka bekel , nesting, kompor buad ngerebus aer buad bikin kopi , yaaah cukuplah buad ngangetin badan.
Sementara si tika sama aprias ngerebus aer siapin kopi, si mamaz mamaz pada kerja bareng buad mendirikan tenda.
Ehiya ada jj yang bikin perapian, karna udara malam itu memang cukup dingin.

Sambil nunggu angin badainya reda, banyak aktivitas yang terjadi, ada yang langsung tidur , tapi tetep ada ajah yang masih bisa ketawa – ketawa , rame sambil cerita ini itu, :_)
Eh iya ada yang lucu, ada incident kecil sleeping bagnyah ketua umum kita bung hendra alias dd endut kebakaran , gara gara teledor tidur dideket perapian, alhasil bolong (kapok :P)

gak lama setelah incident bolongnya sleeping bag pak ketum kita lanjut perjalanan tapi ya beres2 dulu , kaya biasa temen-temen cwo bongkar tenda,,yang cwe packing barang bawaan…. :_D .. kita lanjut perjalanan jam 03.00 WIB dini hari
karena puncaknya memang masih jauh (pos 1 aja blm sampe) kita gak bisa liad sunrise di puncak,, meski gak bisa liad sunrise tapi kita tetep semangat buat lanjutin perjalanan… :_)

Uda lebih dari 1 jam kita lanjut jalan,, akhirnya kita sampe di pos 2 dan sepakat buat istirahat,, buka tenda lagi deeehhh… istirahat kali ini yang tidur di tenda Cuma renny sama putri yang lain duduk-duduk di luar ada juga yang bobo seadanya… ada juga yang bikin perapian biar gak terlalu dingin, meski anginnya kenceng tapi gak putus asa buat bikin api sedangkan ibu babon kita masak mie sama sarden buat sarapan yang mau makan.

Dirasa badai sikonnya sudah cukup baik u/ melanjutkan pendakian, kita mulai jalan lagi di jam 06.30 am… capcusss………………………………………………………..
Tapi ditengah masih sempat jj badainya dtg lagi, kita smpai merunduk u/ menghindari tersapu angina, wow…. ( harus selalu wasapada dan hati hati )

Setelah cukup jauh berjalan dan sempat berhenti sejenak di pos 3 yang kita kenal dengan pos setan, lanjut terus akhirnya smpe jj ditower, beberapa dr kami sudah smpai duluan disana. Istirahat dulu, smbil packing u/ 2 tas yg akan kita bawa karna gg mungkin kalo harus bw carrier semuanya cape ajj, :D

Gg terlalu berat perjalanan ke puncak karena kaya cuma bw badan ajh.. xixixiix. Trnyata makin keatas bau belerangnya  cukup menusuk hidung yah…. Mmm #pake masker. ()()

Sekitar  jam 11.30 am kita smpe dipertigaan , ambil kanan ke puncak kenten songo ambil kiri ke puncak syarif. Nah disini nih kita mulai sadar kalo salah satu anggota kita si saudara kawir alias Ruth Yamanda ternyata lenyap dr pandangan entah kemana … :”( # dramatis sekali,,, heeee

Kita sepakat ambil jalur kiri puncak syarif, o,4 km dr pertigaan . Jam 11.45 pm theeeeeeeeeeettt kita smpai dipuncak….
Subahanalloh akhirnya puncak ketiga setelah puncak slamet dan sumbing akhirnya bendera orange mapala Trabas bisa berkibar kembali….
Diataas awan kita kan menang ….. :D# nyanyi sitikk,,, masih demam 5 “cm” ….

Abadiin moment, kita phutu phutu dulu smbil rekam pidiooo :D , tapi bagaimanapun itu ,cerita ini akan lebih abadi tersimpan dalam memori hati dan ingatan kami ,,,, JJJ

Sebenernya masih pengen berlama-lama dipuncak, tp ya itu td ternyata badainya gg berhenti2, masih ada ajah.
Akhirnya turun, menuju tower dan masih tetap tanda ruth. Kita udd coba panggil2 tp gg ada jawaban dr dia. So pasti semua panik.. :///

Terus mz aji py inisiatif tulis dikertas, “RUTH KITA TUNGGU DI TOWER” …. BY MAPALA TRABAS.
Harapanya ruth bisa baca pesan ini, dan kertas ini gg terbawa anginya,,, .amin

Nah , ni ceritanya kita udd sampai ditower,,, mulai deh si ibu babon ngerebus aer bwd masak mie lagi. Sambil nunggu Ruth nongol… tp cukup lama kita menunggu ternyata dia belum balik jj, akhirnya mz aji sm mz ryan memutuskan buat balik bwd nyari ruth… eeeeeeeeeeeeeeeee, alhamdulilah aja belom jauh mereka coba nyari si Ruth nyah balik. Jalannya udd lemes ajah… tp gpp. Lega rasanya… dan bener kertas yang bwd ruth td ketemu dia bawa smpai ditower, JJJ

Gag bisa berlama lama di tower karena badai yg masih kencang ditambah kabut yg turun mengharuskan kami untuk berjalan turun.
Packing, packing udd langsung jam 3.15 kita berangkat turun.
mmm… kali ini perjalanan perjalanan gg cm badai, kabut, tp ada hujanya jj. Makinnnn dahh, butuh semangat besar bwd smpai dibasecamp. Cemumuthhhhhhh :)

Butuh waktu yg cukup lama ternyata untuk sampai basecamp ,karena penglihatan kita yang menjadi sangat terbatas , secara kabutnya tebel jadi lampu senter kita gg begitu bs nimbus.
Tp alhamdulilah pas adzan isya kita semua uda bisa sampai dibasecamp.

Ini perjalan yang amazing untuk kami. Terimakasih semua rekan rekan mapala Trabas, atas kekompakan dan kebersamaannya.
Terimakasih Ya Rabb mengizinkan kami melihat indahnya cipta dan karya Mu ini. Semoga kami bisa menjaga amanahmu ini. Amin